Minggu, 09 Januari 2011

Menghapus Temporary Files


          Apa itu temporary files? Temporary file, atau bisa disingkat temp files, merupakan file berformat. TMP yang berfungsi untuk menyimpan sementara file yang sedang digunakan. File ini muncul secara otomatis ketika Anda membuka sebuah program, katakanlah Ms. Word. Jika kita menutup aplikasi secara normal, temporary file juga otomatis hilang. Namun, bila laptop tiba-tiba mati, biasanya tidak hilang. Kalau sedikit, tidak masalah. Kalau banyak dan kapasitasnya besar, tentu hanya memadati kapasitas harddisk.
          Anda dapat menghapusnya secara manual, dengan membuika folder yang khusus menyimpan temporary files. Langkah pertama Anda harus menon-aktifkan opsi hidden file dengan melakukan langkah sebagai berikut. 
1.       Klik Start > My Computer 
2.       Klik Tools > Folder Options
3.       Klik tab View
4.       Tandai Show hidden files and folders
5.       Klik Apply
6.       Klik OK untuk menutup aplikasi



Setelah menonaktifkan hidden system, Anda dapat mengakses partisi system Anda (biasanya C:) dengan melakukan langkah sebagai berikut.

Buka partisi system (biasanya C:)
Klik Documents and setting > folder administrator (nama yang anda berikan ketika menginstall OS) >
Local Setting > Temp
Blok semua file menggunakan mouse (Ctrl + A)
Klik kanan >  Delete
Klik Yes

Hal yang sama Anda lakukan pada file-file yang terdapat pada folder C:/Windows/Prefetch dan C:/Windows/Temp. Apabila ada file yang tidak dapat dihapus, kemungkinan itu adalah file temporary dari file yang Anda sedang buka sekarang.

"SELAMAT MENCOBA"
www.ilmuteguh.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar